Minggu, 21 Desember 2008


Maya merupakan sebuah aplikasi 3D yang lebih banyak digunakan oleh para animator.... seringkali maya dijadikan sebagai satu standar umum yang harus dimiliki oleh seorang animator, jika seorang animator sudah mampu mengaplikasikan maya secara otomatis tidak akan sulit mengikuti software 3D apapun, seperti 3D max, toxix, mudbox, soft image, XSI dll, ketika mereka bekerja didalam sebuah perusahaan frame-work.

Kebanyakan animator indonesia masih menggunakan 3Ds max, memang teknik pengerjaan pada aplikasi 3Ds Max lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi yang lain, penulis juga dulu menggunakan aplikasi 3ds max selama kurang lebih 1,5 tahun... namun seiring dengan imajinasi yang semakin bertambah, ternyata banyak imajinasi yang tidak dapat terealisasikan oleh 3D max... seperti plant, effect yang kurang reel, terlalu banyak plugs-in, dll.

kalau boleh memberi saran kepada temen-temen yang akan menggeluti 3D animasi.... coba lihat content apa yang anda inginkan..... jika anda lebih pada arsitekture saya sarankan untuk menggunakan 3D max..... tapi jika anda akan terjun pada animasi Film/video saya sarankan untuk menggunakan maya. karena biasanya ketika anda akan bekerja disebuah frame-work (terutama yang bertaraf internasional) aplikasi maya menjadi standar kemampuan yang akan di tanya terlebih dahulu. untuk aplikasi yang lainnya No COMMENt.....

posted by
epoel Epoel_A@live.com

1 komentar:

  1. mana isinya.... tau ah kayaknya pada males ya....!
    pengen sukses kok malas

    BalasHapus

scenes